Senin, 27 Mei 2024

Bapak Drs. Sadmoko Danardono, M.Si Tokoh Inspiratif Insan Pendidikan

Pendidikan menentukan masa depan bangsa,

karena melalui pendidikan bangsa ini akan maju”

ucap Bapak Drs. Sadmoko Danardono, M.Si.

Bapak Drs. Sadmoko Danardono, M.Si., sangat menginspirasi kita terutama dalam dunia pendidikan, karena semangat dan motivasinya kita menjadi lebih mengerti bahwa pendidikan itu sangat penting, apalagi di masa pandemi seperti ini. Mari kita kenal lebih dekat dengan beliau, sosok dari insan pendidikan di Kabupaten Cilacap.

Bapak Sadmoko Danardono berasal dari Madiun. Beliau lahir pada 19 Januari 1971. Di tahun 1996 beliau menikah dengan istrinya yang merupakan seorang guru, Alhamdulillah, dikaruniai dua putra dan putri. Bapak Sadmoko pertama kali memijakkan kaki di Cilacap pada 31 Maret 1994 setelah beliau lulus dari Sekolah Tinggi Pemerintahan dalam Negeri.

Alhamdulillah, pada 27 Oktober 2021 crew Mudacil TV bertemu Bapak Drs. Sadmoko Danardono, M.Si., kami berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan beliau di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Ada banyak cerita tentang dunia pendidikan mulai dari program pendidikan hingga harapan-harapan yang diinginkan untuk kemajuan pendidikan di masa pandemi ini.

Bapak Drs. Sadmoko Danardono, M.Si., menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap. Beliau diberi amanah oleh Bapak Bupati Tatto S. Pamuji pada 3 Agustus 2021. Memang terbilang masih baru dalam dunia pendidikan namun semangat dan rasa ketertarikannya dalam dunia pendidikan membuat kita termotivasi seperti beliau.

Ketertarikan beliau dalam dunia pendidikan sangat memotivasi kita, “Pendidikan menentukan masa depan bangsa. Karena melalui pendidikan bangsa ini akan maju. Misalnya, dengan pendidikan orang yang tadinya tidak tahu menjadi tahu sehingga penting bagi masa depan bangsa. Oleh karena itu, bagi kita yang beragama islam itu wajib dari lahir hingga ke liang lahat, itu dari sisi agama. Dan dari sisi warga negara Indonesia yang kita cintai. Kita ingin nanti generasi-generasi penerus ke depan harus menjadi generasi yang hebat ke depan. Generasi yang bisa menjaga, memelihara dan memakmurkan bumi Indonesia. Itulah pentingnya pendidikan. Tanpa ilmu pengetahuan kita tidak bisa mengeksplorasi kekayaan Indonesia.”

Beliau menjelaskan kembali bahwa Kota Cilacap dekat dengan laut. Di dalam laut ada banyak kekayaan alam, ada minyak, ikan dan lain-lain. Kalau kita tidak punya ilmu pengetahuan bagaimana kita bisa mengeksplorasi kekayaan minyak di dalam laut. Nah, ini adalah tugas kita agar bumi indonesia suatu saat bisa dikelola oleh anak-anak dari bangsa Indonesia untuk kemakmuran bangsa. Kuncinya adalah pendidikan.

Selain itu, kita perlu ketahui bahwa pendidikan saat ini masih dalam masa Pandemi. Namun, Alhamdulillah, untuk di Cilacap di masa pandemi covid-19 sejak 23 agustus 2021 kita sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka secara terbatas sampai hari ini dan tidak ada cluster sekolah untuk covid-19. Patut kita syukuri dan di masa pandemi anak-anak sekolah sudah kita vaksin. Ini adalah upaya kita, meskipun di masa pandemi covid-19 anak-anak juga harus sekolah untuk meningkatkan imun.

 Pemerintah, Bapak Bupati dan Tim Gugus Covid Kabupaten Cilacap memprioritaskan anak-anak sekolah untuk divaksinasi, tujuannya agar kita kebal terhadap Covid-19. Dan apabila sudah kebal dan suatu saat covid ini sudah lenyap dari bumi Cilacap, kita bisa bersekolah kembali. Pada pelaksanaan pembelajaran memang masih terbatas hanya dua jam pelajaran. Selama dua jam anak-anak tatap muka dengan bapak ibu guru selanjutnya diganti dengan sesi dua setelah satu jam istirahat. Mudah mudahan pelaksanaan pembelajaran di sekolahbisa 100%. Bisa masuk sekolah, kuncinya adalah covidnya sudah tidak ada.

Ada banyak harapan tentunya untuk kemajuan pendidikan di masa pandemi ini, harapan itu tentu saja membuat anak-anak semakin semangat dan terus berprestasi walapun di tengah pandemi. Harapan untuk anak-anak, yang masih di bangku SMP maupun di tingkatan lain meskipun di masa pandemi ini jangan berhenti belajar. Belajar lebih sempurna apabila bertemu dengan bapak ibu guru. Namun, karena kita masih di masa pandemi belum tuntas, belajarlah di rumah. Belajar menggunakan berbagai fasilitas media yang ada di sekitar kita. Sehingga anak-anak terus mengasah otaknya untuk selalu belajar. Karena hakikatnya belajar tidak hanya di rumah, di lingkungan kita belajar tentang kehidupan.

Beliau yakin dengan semangat belajar ini meskipun di masa pandemi covid-19 anak-anak tidak tertinggal pembelajaran. Mumpung masih muda anak-anak harus semangat dan giat belajar. Ada pepatah “tempalah besi mumpung masih panas” besi kalau masih panas bisa dibentuk apapun dibuat kursi, meja dibuat perkakas rumah tangga. Tetapi kalau besinya sudah dingin kesulitan untuk dibentuk, nah seperti anak-anak muda sekarang ini kesempatan masa-masa untuk belajar. Insha allah dengan semangat, kerja keras dan belajar masa depan akan teraih dengan gemilang nantinya.

 

Telah dibuka Pendaftaran Inden Siswa Baru secara LURING dan ONLINE
PPDB SMP Mudacil TP 2022/2023
0853-2900-4779 (Panitia PPDB)
Atau klik

Whatsapp PPDB SMP Mudacil

Atau datang langsung ke SMP Muhammadiyah 2 Cilacap yang beralamat di Jl. Damar No. 14 Tritih Kulon, Cilacap Utara.

DAFTAR secara ONLINE
Silahkan klik di sini.

===========================
Youtube: Mudacil TV
Facebook: Mudacil TV
IG: Mudacil TV
===========================

KELUAR